Menhub Jonan Janjikan Pembangunan Jalur Kereta Api dari Sumatera Sampai Papua

Banyuwangi -Pembangunan jalur kereta api menjadi salah stau prioritas di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan, mengatakan pemerintah akan membangun jalur kereta api dari Sumatera hingga Papua.

"Teruskan jalur kereta api Sumatera, supaya tersambung Medan sampai Lampung. Kurang lebih 1.300 km," papar Jonan di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (28/12/2014).


Selain itu, lanjut Jonan, akan dibangun pula jalur kereta api di Kalimantan. "Mungkin Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak," ujarnya.


Kemudian, tambah Jonan, jalur kereta api juga akan menyentuh wilayah Indonesia Timur. "Makassar, Manado, tapi bertahap. Setelah itu Papua," katanya.


Untuk pembangunan jalur kereta di Papua, menurut Jonan, akan diusulkan dalam APBN-Perubahan 2015. "Memang kita usulkan. Bisa direalisasikan, tapi mesti studi dulu, pengadaan tanah dulu," katanya.


Sebelumnya, Jokowi menuturkan bahwa infrastruktur perhubungan menjadi syarat untuk mencapai pertumbuhan ekonomi di atas 7% dalam 3 tahun ke depan. Mulai tahun depan, pemerintah akan menggenjot program-program terkait infrastruktur baik itu jalan tol, kereta api, pelabuhan, dan sebagainya.


"Ini akan memberikan trigger (dorongan) pertumbuhan ekonomi yang ada. Jangan sampai kita mulai proyek pertengahan (tahun), karena serapan anggaran sangat menentukan tumbuh atau tidaknya ekonomi kita. Ruang fiskal kita sudah baik, longgar, tapi implementasi kebijakan harus segera dimulai," tegas Jokowi.


(hds/hds)