Tahun Depan, Pemerintah Garap Double Track Jalur Selatan Jakarta-Surabaya

Banyuwangi -Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan jalur ganda kereta api (double track) untuk Surabaya-Banyuwangi belum menjadi prioritas. Pemerintah akan terlebih dulu membangun double track di jalur selatan Jakarta-Surabaya.

"Itu paling belakang (double track Surabaya-Banyuwangi). Belum prioritas," ujar Jonan di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (28/12/2014).


Menurut Jonan, pemerintah akan terlebih dulu memperhatikan jalur Jakarta-Surabaya bagian selatan. Nantinya, jalur ini akan dibuat menjadi double track seperti di utara.


"Yang selatan Jakarta-Surabaya lintas selatan yang nggak double track baru akan dikerjakan tahun depan. Itu selesai, baru nanti (double track Surabaya-Banyuwangi)," jelasnya.


Sementara itu, Dirjen Perkeretaapian Hermanto Dwi Atmoko menambahkan, pemerintah juga akan membangun jalur baru untuk kereta tujuan Sidoarjo. Ini dilakukan untuk mengantisipasi meluasnya area terdampak Lumpur Lapindo di Sidoarjo.


"Kita ada program lewat Tulangan sampai ke Gunung Gansir, kira-kira jaraknya 18 km. Sekarang sedang proses pembebasan lahan. Ini untuk antisipasi," kata Hermanto.


(hds/hds)