Jokowi Bahas Subsisi BBM, Apakah Bakal Ada Kejutan dari Istana?

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menggelar rapat terbatas tentang ekonomi di Kantor Presiden. Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh menteri ekonomi di Kabinet Kerja.

Dalam sambutannya, presiden menyampaikan tentang masalah turunnya harga minyak dunia. Ini merupakan pintu masuk untuk membahas kebijakan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) 2015.


"Hari ini kita akan berbicara masalah subsidi BBM tahun 2015," ujar Jokowi di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (24/12/2014).


Selain itu, presiden juga akan membahas APBN-Perubahan 2015. "Nanti akan disampaikan Pak Menkeu," ujarnya.


Rapat ini merupakan rapat kedua Jokowi pada hari ini. Sekitar pukul 10.00 WIB tadi, presiden menggelar rapat tentang pemberantasan narkoba.


Menko Perekonomian Sofyan Djalil sebelumnya menyebutkan, pemerintah akan membahas soal subsidi BBM tetap per liter. Bila kebijakan ini diterapkan, pemerintah akan memberikan subsidi dalam jumlah tertentu untuk setiap liter BBM bersubsidi dan sisanya mengikuti harga pasar.


Dengan penerapan subsidi tetap per liter, maka harga Premium dan Solar bisa naik-turun seperti harga Pertamax yang tanpa subsidi.


"(Subsidi tetap) itu termasuk di dalamnya," ujar Sofyan saat ditanya mengenai pembahasan rapat dengan presiden hari ini.


(rvk/hds)