Libur Panjang, Konsumsi Listrik Turun Drastis

Jakarta -Libur Natal dan cuti bersama tanggal 25 dan 26 Desember berdampak pada turunnya konsumsi listrik. PT PLN (Persero) memastikan tidak ada pemadaman listrik.

"Libur panjang ini konsumsi listrik turun cukup banyak, sehingga pasokan listrik cukup dan jika tidak ada gangguan teknis maka tidak ada pemadaman listrik," kata Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto dihubungi detikFinance, Jumat (26/12/2014).


Bambang mengatakan, penurunan konsumsi listrik paling banyak terjadi di daerah Jawa, pasalnya hampir semua industri libur dan berhenti produksi.


"Paling banyak penurunan konsumsi listrik ada di Jawa, karena industri juga ikut libur, sehingga pasokan listrik cukup dan cadangan listrik makin besar dan makin handal," katanya.


Ia menambahkan, bahkan untuk 9 (sembilan) daerah yang sebelumnya mengalami krisis listrik, saat ini pasokan listriknya cukup.


"9 daerah yang krisis listrik kemarin, saat ini pasokan listriknya cukup bahkan ada cadangan walau belum handal. Seperti di Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Barat dan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku, dan NTB (Nusa Tenggara Barat), mudah-mudahan tidak ada gangguan sehingga tidak ada pemadaman listrik," tutup Bambang.


(rrd/rrd)