Mulai Besok, 'Bank Tanpa Kantor Cabang' Diluncurkan di Sumatera Hingga Papua

Jakarta -Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama 4 bank dalam negeri, akan meluncurkan program 'Laku Pandai' atau bank tanpa kantor cabang (branchless banking) di sejumlah kota di Indonesia.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad mengatakan, besok akan ada peluncuran program Laku Pandai di Jayapura, Papua oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).


Lewat sistem ini, perbankan bisa menunjuk pemilik warung atau toko sebagai agen untuk menabung. Nanti masyarakat di sekitar bisa menabung dengan menggunakan sarana telepon genggam (HP). Program ini dilakukan untuk mengebut penetrasi perbankan di Indonesia.


Karena, selama ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum terjamah sistem perbankan. Bila harus membangun kantor cabang, biaya investasi yang dibutuhkan besar.


"Tanggal 27 Maret besok, akan ada launching di Papua, yaitu Jayapura oleh BRI. Lalu di Goa, Sulawesi Selatan dan Lubuk Pakam, Sumatera Utara oleh BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Negara). Kemudian BCA di Grobokan pada April," jelas Muliaman di kantornya, Jakarta, Kamis (26/3/2015).


Praktik Laku Pandai ini bisa diperluas di sejumlah daerah lain. Yang dilakukan mulai besok adalah untuk peluncuran awal saja.


Bank yang akan meluncurkan program ini adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dan PT Bank Tabungan Pensiunan Negara Tbk (BTPN).Next


(dnl/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com