Berkat Pelatihan Internet Marketing, Produk UMKM Banyuwangi Tembus Jerman

Banyuwangi -Gerakan pelatihan internet marketing yang banyak dilakukan Pemkab Banyuwangi mulai membuahkan hasil. Sejumlah anak muda yang merintis usaha bisa merasakan dampak dari pemasaran berbasis internet.

Misalnya, Abdul Gofur Aryo, pengusaha produk herbal di Banyuwangi. Omzet usaha produk herbalnya meningkat pesat setelah menerapkan strategi internet marketing. Herbal produksi Gofur berupa daun kelor dan sari temu lawak bubuk.


"Sejak dipasarkan online, omzet produk saya meningkat menjadi Rp 2,5 juta/hari dari yang sebelumnya Rp 300.000/hari. Bahkan produk powder (bubuk) saya bulan Mei ini memasuki pasar Jerman," kata Gofur.


Pada awalnya, Gofur memulai bisnis herbal dengan memproduksi minuman temulawak. Dia pun masih menggunakan cara produksi dan pemasaran konvensional dengan menjual produknya dari warung ke warung.


Gofur kemudian mendapatkan pelatihan dan pendampingan, tentang cara meningkatkan pemasaran melalui peningkatan kualitas produk.


"Kami dilatih dari cara pengolahan produk yang tadinya sederhana dan simpel ala rumahan ke pengolahan semi modern," kata Gofur.


Tidak hanya itu, Gofur juga mendapatkan pelatihan internet marketing. Dia diajari cara efektif mengiklankan produk di internet hingga mendapatkan banyak konsumen.


"Lewat internet marketing langsung dapat konsumen dari Malang, Jember, dan Denpasar. Terus berkembang hingga saat ini," ujarnya.


(gik/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com