Jakarta-Brebes Harus Nyambung Tol Saat Mudik, Menteri PU: Kalau Macet Saya Dimaki

Jakarta -Pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong penyelesaian ruas tol Cikampek-Palimanan 116 Km pada Juni 2015. Targetnya sebelum musim mudik Lebaran 2015, tol ini sudah bisa beroperasi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan musim mudik tahun ini bakal lebih banyak tambahan kendaraan pribadi sebagai sarana mudik masyarakat. Apalagi setiap tahun setidaknya ada tambahan penjualan mobil sebanyak 1 juta unit.


"Ada tambahan 1 juta mobil tahun ini, kalau macet saya yang dipisui (dimaki). Kalau macet saya layak dihukum. Presiden tidak meminta khusus, ini saya saja," katanya saat ditemui di kantornya Jalan Pattimura, Jakarta, Jumat (10/4/2015).


Ia berharap beroperasinya tol yang menghubungkan kawasan Cikopo (Cikampek)-Palimanan (Cirebon) bisa mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan Pantura. Tol ini juga akan tersambung dengan dua tol yang sudah ada yaitu Tol Palimanan-Kanci dan Kanci-Pejagaan hingga Brebes, Jawa Tengah.


"Kalau yang di Cikopo-Palimanan ada 116 kilometer, 99 jembatan. Hampir setiap sekilo ada jembatan, itu 90 jembatan sudah selesai, dari yang sisanya 9, itu kritis ada dua harus dikejar. Yang kritis di Ciherang dan di Cimanuk. Tapi akhir April atau pertengahan Mei selesai. Saya harapkan, itu bagian dari taruhan saya pribadi," sebut Basuki.


Selain infrastruktur tol, pihaknya juga dalam dua bulan terakhir gencar memperbaiki jalur pantura dan jalur selatan sebagai bagian dari jalan nasional. Tujuannya agar jalan-jalan nasional tersebut bisa digunakan nyaman saat mudik Lebaran 2015.


"Anggaran khusus kita enggak, dua bulan ini kita perbaiki yang di Pantura, selatan supaya lebih baik, perbaikan rutin biasa, dan tol minimal sampai Brebes itu bisa terlalui. Mudah-mudahan bisa lebih lancar," imbuh Basuki.


(drk/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com