Ini Cara Pemerintah Dongkrak Ekspor Kopi ke AS

Jakarta -Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mengupayakan penggenjotan nilai ekspor hingga 2019. Menteri Perdagangan Rachmat Gobel sendiri sudah mentargetkan ekspor Indonesia hingga 2019 naik 300%.

Salah satu komoditas unggulan ekspor adalah kopi. Khusus di Amerika Serikat (AS) tepatnya di Washington D.C, Atase Perdagangan RI menayangkan film "Aroma of Heaven" yang disutradarai oleh sineas muda Indonesia Budi Kurniawan. Film ini diputar di Pameran Kopi Amerika 10 April 2015.


Inovasi dan kreativitas ini dilakukan untuk mendongkrak perdagangan kopi Indonesia di Amerika. Hal ini diungkapkan Atase Perdagangan RI di Washington D.C, AS Ni Made Ayu Marthini. Pameran Kopi Amerika yang dikemas dalam pameran Specialty Coffee Association of America (SCAA) diselenggarakan di Seattle, Washington, D.C, AS pada 9-12 April 2015.


Menurut Made cara ini sengaja dilakukan, karena saat ini tren para roaster atau pemilik coffee shop di AS membeli kopi langsung dari para petani dengan berkunjung ke pertanian mereka.


"Kita ingin menunjukkan secara visual mengenai pertanian kopi, serta sejarah dan tradisi kopi Indonesia kepada para roaster atau buyer kopi di AS agar mereka tertarik membeli dan sekaligus berkunjung ke Indonesia," kata Made dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/04/2015).


Dengan memutar film ini, Made berharap masyarakat dan pengusaha Amerika makin suka berwisata ke Indonesia meningkatkan transaksi pembelian kopi dari Indonesia.


"Cara ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Tidak hanya melalui sektor pariwisata,

tetapi juga perdagangan," tambahnya.Next


(wij/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com