Gaji Rp 4 Juta Ingin Beli Motor Gede, Begini Caranya

Jakarta -Pertanyaan dari Pembaca: Saya Agam. Gaji saya sekitar Rp 4 juta. Saya ingin sekali membeli motor laki (motor gede) kira-kira perinciannya bagaimana ya?

Sedangkan saya masih punya utang sekitar Rp 14 juta? Kira-kira berapa lama saya bisa melunasi utang-utang saya?


Jawaban:

Halo Pak Agam,


Apabila seseorang masih memiliki utang, apalagi non-pinjaman rumah, maka saran terbaik adalah melunasi utang tersebut sebelum membuat utang baru atau pembelian konsumtif lainnya.


Pembelian motor gede dapat saya simpulkan, adalah salah satu keinginan Anda, yang tidak salah juga apabila dimasukkan ke dalam salah satu tujuan finansial dalam rencana keuangan. Namun, pahami bahwa tujuan ini sifatnya tidak primer dan juga tidak harus diwujudkan dalam jangka waktu singkat.


Untuk jangka waktu melunasi utang anda, tergantung kemampuan anda mencicil utang tersebut. Rasio norma kemampuan membayar utang sesorang adalah 30% dari pendapatan anda.


Dengan gaji sebesar Rp 4 juta, maka anda dapat mencicil sebesar Rp 1,2 juta/bulan, sehingga anda dapat melunasi utang Rp 14 juta tersebut selama 12 bulan (asumsi bunga 0%)Next


(dnl/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com