Proyek Rel Kereta di Sulteng Sedang Disiapkan

Palu -Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) punya rencana pembangunan infrastruktur. Selain membangun jalan bebas hambatan, Pemprov Sulteng juga berencana membangun akses Kereta Api (KA).

Gubernur Sulteng ‎Longki Donggala mengatakan rel kereta ini akan menjadi penghubung kota-kota di provinsi ini.


"Rencana pembangunan rel kereta Api Palu-Poso, Palu-Donggala ini akan menjadi prioritas utama untuk pembangunan kereta pertama di Sulteng," ujar Longki saat bertemu Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan di Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, Palu, Jumat (10/4/2015).


Sayang, pihaknya belum bisa membeberkan lebih rinci soal proyek ini karena prosesnya masih terlalu awal dan belum sampai pembahasan detil soal rencana proyek.


Adapun proses yang tengah berlangsung terkait rencana ini adalah persiapan uji kelayakan (Feasibility Study/FS) sebagai langkah awal. "Sekarang sedang penyusunan FS," katanya.


Menurut Menhub Ignasius Jonan, ide ini sebenarnya telah masuk dalam perencanaan Kementerian Perhubungan. Namun untuk anggaran mesih harus menunggu hasil FS.


Jonan meminta pihak Pemda cukup memberikan dukungan dari kemudahan administrasi pembebasan lahan, izin lokasi hingga analisis dampak lingkungan (Amdal). Sementara itu, terkait proses berkenaan dengan teknis penyediaan kereta api akan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Pusat.


"FS biar nanti kami dukung dari Pemerintah. Butuh dukungan teknis bisa dari pusat, desain dan sebagainya serahkan ke kami biar hasilnya maksimal. Yang penting bapak bebaskan lahan jangan sulit, dan amdal serta izin‎ jangan lama," kata Jonan.


(dna/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com