KRL Tanjung Priok-Stasiun Kota Akan Segera Beroperasi

Jakarta -PT Kereta Api Indonesia (KAI) segera akan mengaktifkan kembali jalur kereta rel listrik (KRL) Tanjung Priok-Stasiun Kota. Aktivasi jalur rel peninggalan zaman Belanda itu tinggal menunggu waktu dari kesiapan sarana dan prasarana pendukung.

"Rencana awalnya memang tanggal 1 April 2015 lalu, namun saat ini masih proses finalisasi di sarana dan prasarana," ungkap Kepala Humas Daops I PT KAI Bambang Prayitno, kepada detikFinance, Sabtu (11/4/2015).


Bambang mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pengecekan dari persiapan akhir aktifasi jalur itu. Seperti kesiapan listrik aliran atas (LAA), persinyalan hingga penutupan pintu perlintasan liar. Cara ini dilakukan antara PT KAI bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).


"Kondisi saat ini, satuan kerja (Satker) Kemenhub masih kerjakan normalisasi LAA-nya dan kondisi persinyalan untuk blok Tanjung Priok-Jakarta Kota belum dikerjakan satker," imbuhnya.


Selain itu Bambang mengakui, salah satu permasalahan lain yang dihadapi dalam persiapan pengoperasian jalur Jakarta Kota-Tanjung Priok adalah adanya longsoran tanah di beberapa titik di jalur yang membentang sepanjang 8,086 kilo meter (km).


"Kendala di lapangan masih ada seperti trek masih ada yang longsor, tetapi sudah diperbaiki oleh satuan kerja Kemenhub," katanya.


Menurut Bambang, rute Jakarta Kota-Tanjung Priok berjarak sekitar 8,086 km. Ada empat stasiun yang berada pada jalur ini, masing-masing Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Kampung Bandan Atas, Stasiun Ancol, dan Stasiun Tanjung Priok.


"Nantinya akan dilewati 4 stasiun yaitu Jakarta Kota, Stasiun Kampung Bandan Atas, Stasiun Ancol, dan Stasiun Tanjung Priok," jelasnya.


(wij/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com