Janji Jokowi Majukan Ekonomi NTB: Bangun Pariwisata dan Bandara

Lombok -Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengakhiri kunjungan kerjanya di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebelum kembali ke Jakarta, Jokowi punya komitmen kuat membangun Lombok di berbagai bidang seperti pariwisata dan infrastruktur.

Pertama di sektor pariwisata, di sini Jokowi mengaku kagum dengan keindahan ‎wisata Mandalika, Lombok, NTB. Presiden Jokowi berjanji akan mengucurkan anggaran tahun depan sebesar Rp 1,8 triliun untuk membangun infrastruktur penunjang pariwisata Lombok. Sementara tahun ini melalui Indonesia Tourism Develpment Corporation (ITDC) pemerintah sudah memberikan suntikan dana sebesar Rp 250 miliar.


"Langsung ditindaklanjuti misalnya Mandalika. Besok langsung kita rapat terbatas untuk menindaklanjuti itu. Yang pertama saya kira yang paling penting tahun ini sudah Rp 250 miliar, tahun depan kan ya nanti untuk Rp 1,8 triliun jadi diberikan kepada ITDC," kata Jokowi saat ditemui di Bandara Internasional Lombok, NTB, Sabtu (11/4/2015).


Tidak hanya itu, Jokowi juga ingin dibangun fasilitas hotel dan sarana prasarana lainnya sebagai penunjang pariwisata di Mandalika oleh para investor. Jokowi mentargetkan tahun ini ada satu hotel yang dibangun dan dioperasikan.


"Dan yang paling penting lagi tindaklanjut adalah investornya. Investasinya cepat, dilapangan ada pelaksanaan meskipun bulan Agustus ini sudah ada pelaksanaan 1 hotel," imbuhnya.


Tidak hanya Mandalika yang menjadi pusat perhatian, Jokowi juga memberikan perhatian serius kepada kondisi Bandara Internasional Lombok. Jokowi ingin kapasitas daya tampung penumpang diperbesar dan runway bandara diperlebar hingga bisa dimasuki pesawat super besar. Ia sudah perintahkan khusus kepada PT Angkasa Pura I (Persero).


"Terus, terus akan kita lakukan dan juga lupa runway di sini tahun ini akan diperpanjang supaya pesawat besar bisa masuk. Nggak ngerti, pokoknya Angkasa Pura sudah kita perintah langsung kerjakan tahun ini," sebut Jokowi.


(wij/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com