Motor Bisa Dibatasi Beli BBM Subsidi 0,7 Liter/Hari, Ini Penjelasannya

Jakarta - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menilai, tahun ini harus ada kebijakan pembatasan pembelian BBM subsidi oleh kendaraan pribadi di SPBU. Berapa angka pembatasan yang tepat?

Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Sommeng mengatakan, berdasarkan riset, untuk motor konsumsi BBM per hari bisa dibatasi 0,7 liter/hari dan mobil sebanyak 3 liter/hari.


"Memang belum ditentukan berapa jumlah yang dibatasi, memang berdasarkan riset sepeda motor konsumsi per harinya 0,7 liter, mobil 3 liter per hari, itu sebagai dasar acuan," ujar Andy ketika ditemui di acara 37th Indonesian Petroleum Association (IPA), Jakarta Convention Center (JCC), seperti dikutip, Kamis (16/5/2013).


Banyak pihak yang menyatakan, konsumsi BBM subsidi motor dibatasi menjadi 0,7 liter per hari terlalu kecil. Tapi menurut Andy itu sebenarnya cukup.


"Begini, kamu punya sepeda motor, mau keliling Jakarta tapi jatah BBM subsidi kamu per harinya cuma 0,7 liter tentu nggak cukup kan, ya sisanya ngisi BBM Non subsidi, bebas mau isi berapa saja, tapi kalau BBM subsidi ya dibatasi," jelasnya.


Kata Andy, BBM subsidi harus dibatasi pembeliannya karena namanya subsidi jumlahnya terbatas dan harusnya memang dibatasi konsumsinya. Tetapi pemerintah tidak boleh membatasi konsumsi BBM.


"Konsumsi BBM tidak pernah dibatasi pemerintah, silakan beli sebanyak-banyaknya BBM non subsidi, tapi kalau yang subsidi tentu jumlahnya terbatas dan kita terus berusaha untuk menekan konsumsi BBM subsidi," tandasnya.


(rrd/dnl)