Pegadaian Klaim Tingkat Gagal Tebus Nasabah Sangat Rendah

Jakarta - PT Pegadaian (Persero) menyebutkan angka gagal tebus barang-barang gadai sangat minim. Misalnya di Pegadaian Cabang Senen, Jakarta Pusat tingkat gagal tebus hanya 0,01% dari transaksi.

Kepala Cabang PT Pegadaian (Persero) Pasar Senen Arief Rinardi Sunardi menyebutkan, sepanjang tahun 2012 saja, angka gagal tebus barang-barang gadai sangat kecil hanya 0,01% dari total nilai sebesar Rp 172 miliar dari omzet Pegadaian Cabang Pasar Senen.


"Itu artinya sangat minim ya sekitar Rp 3 miliar. Nasabah kita baik-baik hampir semuanya pada bayar," kata Arief saat ditemui detikFinance di Kantor Pegadaian Cabang Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2013).


Ia mengatakan, sebagian besar barang-barang gadai yang gagal tebus adalah perhiasan emas. "Kebanyakan barangnya emas perhiasan kayak cincin, gelang, kalung. Barang yang gagal tebus kita lelang, kita pajang di depan," kata dia.


Arief menambahkan, barang lelang tersebut dijual di harga yang pasaran yang ada saat ini. "Harganya ya disesuaikan harga saat ini, harga emas sekarang berapa ya kita pakai itu. Itu cincin sudah laku dilelang," ujarnya.


(hen/hen)