Tak Mau Kalah Saing dengan Batik Air, Bos Garuda Siap Pasang WiFi di Pesawat

Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) berencana memasang fasilitas internet melalui WiFi di dalam kabin pesawat selama penerbangan mulai Juni 2013. Hal ini terkait persaingan bisnis dengan perusahaan penerbangan lain seperti Batik Air yang juga mengusung WiFi sebagai maskapai penerbangan full service.

Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar mengatakan rencana tersebut saat ini tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian Perhubungan.


"Sedang direncanakan. Tinggal tunggu persetujuan dari Kemenkominfo dan Kemenhub. Ya ini sebagai persaingan bisnis juga," katanya saat ditemui usai acara Temu Akbar BUMN, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Minggu (19/5/2013).


Ia mengatakan, meskipun sudah ada beberapa pesawat terbang perseroan yang tersambung jaringan WiFi, namun pihaknya ingin semua pesawat bisa terhubung jaringan tersebut.


"Kita ingin bulan Juni sudah bisa. Untuk seluruh pesawat dan sebagian yang baru," ujarnya.


Ia menambahkan, rencana pemasangan WiFi tersebut juga merupakan sebagai salah satu inovasi perusahaan untuk bisa bersaing dengan Batik Air yang sama-sama memiliki segmen penumpang yang melayani full service.


"Ini salah satu untuk memberikan kemudahan kepada penumpang kita, persaingan bisnis juga," kata Emir.


(hen/hen)