KM 47 Tol Cipularang Longsor, Jasa Marga Berlakukan Sistem Contra Flow

Jakarta - Kemacetan akibat perbaikan di jalan tol Cipularang KM 47 sudah tak terhindarkan. Untuk mengatasi hal itu, Jasa Marga selaku operator memberlakukan contra flow mulai Senin kemarin.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Operasional PT Jasa Marga Tbk, Hasanudin saat ditemui di acara Pemberian Hadiah Sayembara Solusi Atasi Kemacetan di Jalan Tol Dalam Kota Jakarta di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (4/7/2013).


"Di KM 47 itu sedang dalam perbaikan, kalau terjadi antrian padat itu kita berlakukan contra flow, sudah kita berlakukan sejak Senin kemarin dan antriannya cair," kata Hasan.


Dia mengatakan, pemberlakuan sistem ini dilakukan jika antrian kendaraan di ruas tol ini melebihi 8 km. Sedangkan sistem contraflow yang dilakukan hanya 1 km, mulai dari km 47-48.


"Cuma sekilo (1 kilometer) tapi cair," kata Hasan.


Pemberlakuan sistem ini akan terus dilakukan karena dirasa efektif mengatasi kepadatan di ruas tersebut, terlebih akhir pekan di mana ratusan ribu kendaraan menuju arah Jakarta. Selain itu, selagi menunggu perbaikan longsor di KM 47 yang ditargetkan rampung pada tanggal 25 Juli 2013 nanti.


"Perbaikannya itu butuh waktu sampai 25 Juli, selama masa perbaikan itu, kalau terjadi antrian padat, kita berlakukan contra flow," tutur Hasan.


(zul/dru)