Mau Lihat Sunset di Tol Atas Laut Bali? Ini Jadwalnya

Jakarta - Jasa Marga Bali Toll akan membuka kesempatan masyarakat umum melihat dan melintasi tol atas laut Bali, namun tanpa kendaraan. Masyarakat umum bisa melihat sunset di atas tol tersebut dengan jalan kaki atau naik sepeda. Kapan?

Public Officer Jasa Marga Bali Toll Drajad Suseno mengatakan, pembukaan tol ini kepada masyarakat umum akan dilakukan pada 6 Juli 2013, mulai jam 16.00-20.00 WITA.


"Kami harap Pak Dahlan Iskan bisa datang, karena kita sudah sosialisasi mulai radio sampai koran. Jadi 6 Juli jam 16.00-20.00 akan dibuka untuk pejalan kaki dan bersepeda, tanpa kendaraan bermotor," tutur Drajad kepada detikFinance, Selasa (2/7/2013).


Drajad menjelaskan alasan dibuka mulai pukul 18.00-20.00 WITA agar masyarakat umum bisa menikmati sunset di tengah persimpangan tol tersebut, dan menikmati keindahan alam serta lembayung senja.


"Acara ini untuk membayar rasa penasaran maysarakat, banyak orang ingin masuk dan lihat seperti apa sih jalan tol yang sudah jadi. Kita sediakan juga yang pakai mobil ada parkir di luar tol. Kita mengundang direksi para kontraktor, bank sindikasi, pemegang saham dan komisaris yang ingin melihat dan berusaha menghadirkan Menteri BUMN," papar Drajad.


Seperti diketahui, susunan kepemilikan proyek tol ini meliputi Jasa Marga sebesar 60%, PT Pelindo III sebesar 20%, PT Angkasa Pura I sebesar 10%, PT Wijaya Karya Tbk (Wika) sebesar 5%, PT Adhi Karya Tbk sebesar 2%, PT Hutama Karya Tbk sebesar 2%, dan PT Pengembangan Pariwisata Bali sebesar 1%.


Sedangkan keikutsertaan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Badung dalam kepemilikan saham sedang dalam proses. Kami berharap skema sinergi BUMN dan Pemerintah Daerah ini dapat dilanjutkan untuk proyek-proyek infrastruktur komersial lainnya, sehingga tidak memberatkan APBN sesuai dengan kebijakan pemerintah.


Tol atas laut ini rencananya dibuat untuk melayani jalur transportasi pertemuan KTT APEC pada Oktober 2013 nanti. Tol ini memiliki panjang 12,7 km dengan nilai investasi sekitar Rp 2,4 triliun.


Diperkirakan tarif tol untuk ruas ini ialah , Gol I Rp 10.000, Gol II itu Rp 15.000, Gol III Rp 20.000, Gol IV Rp 25.000, Gol V Rp 30.000, dan Gol VI khusus motor itu Rp 4.000 sekali masuk.


(dnl/hen)