Prabowo Janji Kalau Berkuasa Anggaran Pertanian Naik dari 1% Jadi 10%

Jakarta - Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto berjanji akan memperbesar anggaran sektor pertanian jika nanti berkuasa. Menurutnya sektor pertanian sangat vital agar memperkuat kemandirian bangsa.

Menurut Prabowo anggaran sektor pertanian saat ini yang hanya 1% dari APBN sangat tidak adil. Misalnya anggaran Kementerian Pertanian dalam APBN-P 2013 hanya mencapai Rp 16,42 triliun. Prabowo berjanji akan menaikkan anggaran pertanian hingga 10% dari APBN jika kelak berkuasa.


"Kalau kita berkuasa kita naikkan jadi 10%," kata Prabowo Subianto di Hotel Grand Sahid Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (15/7/2013).


Prabowo yang juga Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) ini menegaskan, partainya sudah bertahun-tahun mengingatkan ke pemerintah soal pentingnya peningkatan produksi pertanian. Saat ini tantangan sektor pertanian adalah kelangkaan karena perubahan iklim, pertambahan penduduk dunia.


"Kita ingat beberapa waktu lalu Rusia hentikan ekspor gandum. Rusia tutup ekspor akhirnya gandum naikkan dan angkat harga beras dan jagung. Lalu Thailand pas banjir, mereka batalin kontrak kita soal impor beras," tegas Prabowo.


Ia juga mengkritik sikap pemerintah yang berkuasa saat ini terlalu mudah impor pangan. Kebijakan impor bisa dipahami jika dalam rangka darurat dan sumber dayanya tak bisa dihasilkan di dalam negeri.


"Tapi jangan sedikit-sedikit impor sedikit-sedikit impor. Masak kita impor singkong? Impor jagung, kita negara kelautan kok impor ikan? Ini nggak benar. Ini strateginya pada nggak benar," ucap Prabowo.


(hen/dnl)