Sandiaga Uno Beri Kultum Saat Jelaskan Bisnisnya

Jakarta - Pengusaha nasional Sandiaga Uno ternyata tidak hanya jago dalam berbisnis. Tapi ia juga bisa memberikan kuliah tujuh menit (kultum) jelang berbuka puasa.

Hal itu ia lakukan dalam acara buka puasa bersama PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (31/7/2013).


Awalnya, Sandi memberikan perkembangan bisnisnya di hadapan tamu yang hadir. Setelah tanya jawab bersama awak media, ia pun diminta untuk lakukan kultum oleh MC sambil menunggu waktu berbuka.


Meski waktu berbuka hanya tinggal 3 menit lagi, Sandi tetap melancarkan niatnya berkultum. Tanpa ragu, ia pun langsung membuka ceramah singkatnya itu.


"Kita semua tahu kebersihan itu sebagian dari iman. Bagi saya kebersihan itu ada empat yang paling penting," katanya.


Yang pertama, kata dia, bersih badan. Jadi setiap memulai hari kita harus selalu membersihkan badan. "Tapi bersih badan saja tidak cukup, makanya kedua adalah bersih pakaian," ujarnya.


Sedangkan yang ketiga, Sandi menambahkan, bersih tempat. Jadi tempat kita bekerja itu harus sering dibersihkan, jangan sampai jorok. "Jadi komputer, laptop, meja kita semua harus sering dibersihkan. Jangan sampai ada debu," ujarnya.


Yang keempat dan yang paling penting adalah bersih hati. Menurutnya, semua hal yang kita lakukan harus dengan hati yang bersih.


"Bersih hati adalah yang paling utama. Semua yang kita kerjakan itu harus dilakukan dengan ikhlas," tutup Sandi yang disambut dengan suara adzan waktunya berbuka puasa.


(ang/hen)