Jelang Lebaran, Masyarakat Ramai-ramai Gadaikan Emas di Pegadaian

Jakarta - Menjelang lebaran, PT Pegadaian (Persero) mengalami penurunan penjualan emas hingga 20%. Penurunan ini disebabkan banyaknya konsumen yang justru menggadaikan emas untuk kebutuhan lebaran.

"Biasanya kalau menjelang lebaran memang turun karena orang kan banyak butuh uang untuk lebaran jadi mereka pada nebus emas atau perhiasan ke sini, penurunan bisa sampai 20%," kata Direktur Keuangan Dwi Agus Pramudya saat ditemui di Kantor Pusat Pegadaian, Kramat, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2013).


Dia menyebutkan, perseroan biasanya mampu meraup penjualan emas sebesar Rp 7 triliun per bulan, namun menjelang lebaran ini angka penjualannya menurun hanya bisa Rp 4-5 triliun per bulan.


"Katakanlah bulan biasa menyalurkan sekitar Rp 7 triliun per bulan, itu untuk menjelang lebaran hanya sekitar Rp 4-5 trilun," kata dia.


Menurutnya, penurunan penjualan menjelang lebaran merupakan hal yang wajar karena di bulan tersebut masyarakat memerlukan uang banyak untuk kebutuhan lebaran.


"Justru yang terjadi di Pegadaian menjelang lebaran banyak masyarakat di pegadaian untuk menebus barang-barangnya, ini wajar," katanya.


(dru/dru)