Umrah ke Mekkah, Dahlan Iskan Mau Ketemu Bin Laden

Jakarta - Menghabiskan sisa bulan puasa ini, Menteri BUMN Dahlan Iskan berencana untuk menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci. Selain umrah, Dahlan rencananya akan bertemu dengan pimpinan perusahaan konstruksi asal Arab Saudi, yaitu Bin Laden Group.

Dahlan akan berangkat ke Mekkah pada Sabtu 3 Agustus 2013 besok dan kembali ke Indonesia pada 1 hari sebelum lebaran.


"Umrah saya besok lusa, saya di sana akan dijadwalkan bertemu Bin Laden (group), karena BUMN kan banyak jadi sub kontrak (dapat proyek) di sana," ucap Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, seperti dikutip Jumat (2/8/2013).


Selain bertemu pihak Bin Laden Group, Dahlan juga akan melihat perkembangan proyek yang sedang dan telah dilakukan oleh perusahaan kontruksi pelat merah, seperti PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT).


Kedua BUMN karya Indonesia tersebut kini tengah melakukan renovasi Masjidil Haram dan proyek jembatan layang. Pembangunan jembatan layang tersebut di kerjakan di daerah kota Jeddah.


"Waskita kan sudah menyelesaikan satu universitas di Riyadh, satu kampus. Lalu bikin jembatan layang di Jeddah," tambahnya.


Dahlan menuturkan, posisi kedua BUMN karya tersebut hanyalah sebagai sub kontraktor dalam setiap proyek di Timur Tengah. Menurutnya posisi ini diambil karena mempertimbangkan tingkat risiko yang ada.


"Selama ini Wika dan Waskita sub kontraktor karena dulu kan pernah rugi ratusan miliar makanya strateginya sekarang begitu," jelasnya.


(feb/dnl)