SBY Minta Dunia Usaha Jangan Mudah Lakukan PHK

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta jajaran pemerintahannya berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan lain di dunia usaha mengenai lapangan pekerjaan. Ini merupakan salah satu faktor pendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Yang harus menjadi perhatian kita yaitu urusan job security dan job creation. Yang sudah punya pekerjaan jangan sampai menganggur atau PHK. Sementara yang menganggur jangan terus tertutup kesempatan," kata SBY di acara Buka Puasa Bersama jajaran Menteri, kalangan pengusaha, DPR di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Sabtu (3/8/2013).


SBY mengatakan, persoalan job security dan job cration tersebut merupakan dua hal yang sangat penting. Dia memaparkan, di tengah krisis ekonomi dunia, pertumbuhan ekonomi yang lambat, pemerintah dengan kalangan pengusaha harus berkoordinasi untuk meminimalisir terjadinya PHK.


Pemerintah, lanjut SBY, dalam hal ini berkewajiban untuk membuat kebijakan terkait persoalan ini, sedangkan pengusaha tidak dengan mudah melakukan PHK.


"Dunia usaha harus belajar untuk tidak begitu saja melakukan PHK. Kalau kita tidak cegah terjadinya gelombang PHK dan pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan, maka pengangguran akan betambah, dia itu mengakibatkan konsumsi rumah tangga akan berkurang," katanya.


Selain itu, SBY mengatakan, negara-negara di Eropa dan Timur Tengah pun sedang mengalami permasalahan politik dan sosial yang disebabkan satu hal.


"Tengoklah Eropa Timur Tengah yang secara politik dan sosial sedang mengalami masalah, karena satu soal saja yaitu soal pekerjaan," katanya.


(zul/ang)