Hendar Resmi Dilantik Jadi Deputi Gubernur BI

Jakarta - Deputi Gubernur Bank Indonesia Hendar hari ini resmi dilantik dan diambil sumpahnya. Hendar dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali dan disaksikan Gubernur BI Agus Martowardojo.

Pengambilan sumpah ini sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomer 89/P tahun 2013 tanggal 27 Juli 2013.


"Berdasarkan Surat Keputusan nomer 89/P tahun 2013 tanggal 27 Juli 2013, saudara Hendar telah diangkat Deputi Gubernur BI, sebelum memangku jabatan Deputi Gubernur saudara wajib mengucap sumpah jabatan, menurut agama saudara," kata Hatta Ali di acara pelantikan tersebut di Gedung Mahkamah Agung, Jumat (3/7/2013).


Hendar pun mengucap sumpah dan berjanji akan melaksanakan tugas sebagai Deputi Gubernur BI dengan semestinya dan sebaik-baiknya. Sumpah tersebut juga disaksikan oleh jajaran pejabat MA dan Bank Indonesia.


"Demi Allah saya bersumpah menjadi Deputi Gubernur BI untuk langsung atau tidak langsung tidak memberikan atau menjanji sesuatu kepada siapa pun juga. Saya bersumpah akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Setia kepada konstitusi negara," ucap Hendar.


Hendar adalah salah satu dari 3 kandidat yang diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menggantikan Muliaman D. Hadad yang mengundurkan diri.


Hendar merupakan pria kelahiran Bandung 1957 ini meraih gelar Sarjana Ekonomi Universitas Padjadjaran.


Ia juga meraih gelar MA bidang Ekonomi Pembangunan Centre for Development Economics, William College AS, dan mendapatkan gelar Doktor bidang ekonomi Universitas Padjadjaran.


Hendar memulai karier di BI dari posisi Staf Urusan Kredit Umum BI pada 1983. Ia kemudian dipercaya menjadi Kabiro Kebijakan Moneter pada 2004. Pada 2009, ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter. Hendar diangkat menjadi Asisten Gubernur BI pada awal 2013.


Hendar sebelumnya juga pernah bersaing memperebutkan kursi Dewan Gubernur BI pada Maret lalu, tetapi kalah dari Perry Warjiyo.


(zul/dru)