'THR' PNS Bakal Dongkrak Ekonomi Triwulan III-2013

Jakarta - Pembayaran gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di bulan Juli yang berbarengan dengan musim pembayaran Tunjungan Hari Raya (THR) diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi triwulan III-2013. Pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2013 akan kembali naik dibandingkan dengan realisasi pertumbuhan triwulan II-2012 sebesar 5,81%.

"Akan kembali naik salah satunya didorong ada pergeseran pembayaran gaji ke-13, kalau tahun lalu dibayar Juni sekarang Juli," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin di Kantor BPS, Jakarta, Jumat (2/8/2013).


Suryamin mengatakan, perkiraan pertumbuhan ekonomi kuartal III-2013 akan terdongkrak oleh tingginya pengeluaran konsumsi rumah tangga maupun pemerintah. Pencairan gaji ke-13 untuk PNS bagian dari pengeluaran konsumsi rumah tangga.


"Apalagi ada Puasa dan Lebaran, diprediksi pertumbuhan ekonomi bisa meningkat di kuartal ketiga ini, ada spending pemerintah juga," katanya.


Pemerintah akan terus menggenjot penyerapan anggaran belanja diantaranya meningkatkan pembangunan infrastruktur.


Di tempat terpisah, Menteri Keuangan Chatib Basri menyebutkan, pada awal Juli lalu pemerintah telah membayarkan gaji ke-13 kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS).


"Ini yang diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di kuartal III. Apalagi mau dekat Pemilu, konsumsi rumah tangga akan naik ditambah kemarin keluar gaji ke-13 jadi akan ada pengeluaran pemerintah di kuartal III," kata dia saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (2/8/2013).


(hen/hen)