Pencuri Minyak di Sumatera Selatan Punya Gua Khusus untuk Beraksi

Jambi - Aksi pencurian minyak milik Pertamina pada pipa Tembino-Plaju, Sumatera Selatan, dilakukan dengan berbagai cara agar tidak diketahui banyak orang. Salah satunya adalah dengan membuat gua untuk menembus pipa.

Posisi pipa Pertamina ini sebelumnya berada di atas tanah. Gara-gara maraknya aksi pencurian, Pertamina menempatkan pipa di bawah tanah dengan kedalaman 1,5 meter.


Field Manager Pertamina EP Jambi Wiko Wigiantoro tidak habis pikir atas ulah para pencuri. Pencuri tersebut sengaja membuat gua untuk menuju titik pipa yang akan dibocorkan.


"Jadi mereka sengaja gali gua dari samping, di mana nanti akan ketemu pipa baru untuk dibor lagi," ungkap Wiko di kantornya, kota Jambi, seperti dikutip Sabtu (3/8/2013)


Gua tersebut berposisi di desa Simpang Bayat, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Dari pantauan detikFinance di lokasi, panjang gua tersebut kurang lebih 10 meter dengan diameter yang hanya cukup dilewati satu orang.


Gua yang dibuat berada di bawah jalan raya. Itu langsung tersambung dengan pipa yang akan dibocorkan. Setelah pipa bocor, maka akan dipasangkan selang sepanjang 3 km untuk sampai ke tempat penampungan.


"Gua ini supaya tidak ada yang tahu. Itu titik pembocoran terus diberi selang sampai nanti ada tempat penampungan," ujar salah salah seorang aparat TNI bernama Agus kepada detikfinance di Banyuasin, Sumatera Selatan.


Saat ini, gua tersebut diberikan garis polisi. Kemudian juga dilakukan penjagaan ketat oleh aparat TNI. Karena ditakutkan pencuri akan kembali beraksi saat minyak kembali dialirkan.


(ang/ang)