CIMB Niaga Beroperasi Terbatas Saat Lebaran

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tetap melayani masyarakat menjelang dan sesudah Hari Raya Lebaran/Idul Fitri 1434 Hijriah. CIMB membuka operasional kantor cabang di sejumlah lokasi yang beroperasi secara terbatas, serta Command Center untuk memantau operasional ATM di seluruh Indonesia.

Direktur IT & Operations CIMB Niaga, Rita Mas’Oen mengungkapkan pada 5-6 Agustus 2013, CIMB Niaga telah menyiagakan 88 kantor cabang yang beroperasi dari jam 08.00 sampai 16.00 waktu setempat.


Layanan terbatas yang disediakan ke-88 kantor cabang tersebut meliputi layanan kas, pengiriman uang SKN/RTGS, pembayaran pajak, kiriman uang ke luar negeri, dan jual beli valuta asing.


"Saat libur panjang seperti Lebaran, masih ada kebutuhan masyarakat yang sifatnya penting dan mendesak yang harus datang ke kantor cabang. Karenanya, kami telah menyiapkan sejumlah kantor cabang yang beroperasi secara terbatas, dengan petugas yang siap membantu melayani kebutuhan nasabah," kata Rita dalam siaran persnya, Kamis (1/7/2013).


Selain operasional 88 kantor cabang tersebut, CIMB Niaga juga mengoperasikan 38 kantor cabang (terlampir) pada 5-11 Agustus 2013, yang berfungsi sebagai Idul Fitri Care Center.


Kantor cabang tersebut khusus melayani keluhan nasabah berkaitan dengan masalah ATM, seperti kartu yang tertelan di ATM, buka blokir kartu ATM karena salah PIN, dan penggantian kartu ATM yang rusak. Adapun jam operasionalnya mulai pukul 09.00 sampai 15.00 waktu setempat.


Rita menambahkan, CIMB Niaga juga telah menyiapkan Command Center yang beroperasi penuh 1x24 jam, untuk memantau operasional 2.537 ATM CIMB Niaga (per 30 Juni 2013) yang tersebar luas di berbagai lokasi di Indonesia.


Pemantauan secara khusus akan dilakukan petugas di beberapa lokasi ATM yang tren penggunaannya terus meningkat saat Lebaran dibandingkan hari-hari biasa. Command Center akan memantau kendala teknis yang terjadi pada jaringan ATM CIMB Niaga, untuk kemudian segera dilakukan tindakan penanganan dalam waktu 2-3 jam sejak kerusakan terpantau.


"Termasuk di dalamnya ketersediaan uang tunai di mesin ATM. Untuk mengantisipasi lonjakan penarikan uang tunai di ATM menjelang dan sesudah Hari Raya Lebaran, kami telah menambah pasokan uang tunai di ATM CIMB Niaga sebesar 50% dari pengisian di hari biasa," terang Rita.


Selain layanan ATM, Rita menyarankan nasabah untuk memanfaatkan sejumlah jalur distribusi elektronik dari CIMB Niaga lainnya untuk transaksi perbankannya, seperti CIMB Clicks (internet banking), Go Mobile (mobile banking), Phone Banking 14041, Preferred Phone Banking 500 800, Self Service Terminal (SST), dan Cash Deposit Machine (CDM).


Nasabah juga dapat memanfaatkan inovasi terbaru dalam layanan perbankan CIMB Niaga, yaitu “Rekening Ponsel” dan “Digital Lounge”. Diluncurkan akhir Maret lalu, produk “Rekening Ponsel” CIMB Niaga memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan nomor ponsel, seperti transfer dana ke nomor seluler lainnya di Indonesia secara gratis dan tanpa harus memiliki rekening CIMB Niaga.


Sementara “Digital Lounge” yang diperkenalkan ke masyarakat akhir April lalu, merupakan layanan terbaru yang dilengkapi dengan teknologi terkini. Setiap “Digital Lounge” menyediakan sejumlah fasilitas dan layanan perbankan yang lengkap, dari mesin ATM model terbaru, mesin setor tunai, hingga layanan video banking dengan layar sentuh untuk bertransaksi, serta layar besar yang menampilkan video banking agent/petugas bank secara live yang akan membantu nasabah dalam melakukan transaksi perbankannya.


Menurut Rita, kenyamanan nasabah menjadi prioritas bagi CIMB Niaga. Segala persiapan dan langkah antisipatif yang dilakukan CIMB Niaga menjelang, selama, dan sesudah Hari Raya Lebaran/Idul Fitri 1434 H menjadi wujud komitmen CIMB Niaga untuk selalu memberikan yang terbaik kepada nasabah setianya.


"Mereka pun dapat pulang ke kampung halaman, menikmati liburannya, tanpa perlu pusing dengan urusan perbankannya," tutup Rita.


(dru/dnl)