Bosowa Tambah Modal Jadi Rp 90 Miliar di Perusahaan Sekuritas

Jakarta - PT Bosowa Corporindo (Bosowa) tambah modal Bosowa Sekuritas jadi Rp 90 miliar. Sebelum diambil alih, Bosowa Sekuritas ini bernama PT Royal Trust Capital.

Direktur Bosowa Corporindo Sadikin Aksa menjelaskan, pergantian nama dari Royal Trust menjadi Bosowa Sekuritas merupakan wujud komitmen kami dalam memperkuat bisnis kami di sektor keuangan.


"Bosowa Sekuritas akan memperkuat keberadaan kami di pasar modal. Kami optimistis strategi ini akan mampu mendorong bisnis Bosowa Group sekaligus memaksimalkan setiap peluang bisnis yang ada baik di Indonesia Timur maupun nasional," kata Sadikin dalam keterangan tertulis, Jumat (2/8/2013).


Di sektor keuangan, Bosowa memiliki beberapa unit bisnis, yakni Asuransi Bosowa Periskop, Bosowa Multi Finance, Sadira Finance dan BPRS Dana Moneter. Selain itu Bosowa juga telah melakukan investasi di Bank QNB-Kesawan Tbk dan Bank Bukopin Tbk.


Berkat penguatan modal tersebut, kinerja Bosowa Sekuritas diharapkan tumbuh positif. Hingga semester I-2013, nilai transaksi di perusahaan ini mencapai Rp 5,17 triliun, meningkat 188,8% daripada akhir tahun 2012 senilai Rp 1,79 triliun.


Aset Bosowa Sekuritas juga tumbuh 84,2% dari Rp 98 miliar di tahun 2012 menjadi Rp 180,69 miliar per Juni 2013. Menurut Sadikin, perekonomian di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang terus bertumbuh merupakan salah satu target pasar Bosowa Sekuritas.


Saat ini, jumlah investor saham retail di Indonesia masih sekitar 263 ribu orang, hanya 0,11% jika dibandingkan dengan total jumlah penduduk. Angka ini masih sangat kecil jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga yang mencapai 20,1% untuk Korea Selatan, 18,8% untuk Mayasia, 31,1% untuk Hong Kong dan 26,6% untuk Singapura.


Direktur Utama Bosowa Sekuritas, Jimmy Sugiarto, mengatakan Bosowa Sekuritas memiliki layanan jasa lengkap yang meliputi Jasa Perantara dan Perdagangan Efek serta Jasa Riset dan Penasihat Keuangan.


Untuk memudahkan akses nasabah dalam bertransaksi di pasar modal, perusahaan juga sudah melayani fasilitas transaksi online trading. Mulai tahun ini, Bosowa Sekuritas akan mulai masuk ke bisnis underwriting.


Selain beroperasi di Jakarta, Bosowa Sekuritas sudah memiliki kantor cabang di Makassar. Perusahaan juga akan menambah sejumlah kantor cabang baru, salah satunya di Surabaya.


(ang/dnl)