Bukber dengan Kaka dan Bimbim, Gita Wirjawan Sebut Harga Pangan Turun

Jakarta - Di sela kepadatan aktivitasnya, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyempatkan diri untuk berbuka puasa dengan grup band Slank. Pada kesempatan itu, Gita menyebutkan harga pangan sudah turun.

"Untuk harga sembako, harga-harga sudah mulai turun. Turun terus menerus dalam dua minggu terakir ini. Harga daging sapi yang tadinya Rp 100 ribuan per kilogram, sudah turun," ujar Gita di markas Slank, Jalan Potot, Jakarta, Jumat (2/8/2013).


Gita yang bertemu dengan pentolan Slank Bimbim, Kaka, dan Abdi mengatakan, dirinya sudah melakukan pengecekan di beberapa pasar. "Seperti Pasar Cipete dan Kebayoran Lama. Jadi sekitar Rp 85 ribuan dan Rp 100 ribuan," kata Gita.


Kemudian, Gita juga menyinggung soal kedatangan sapi impor siap potong sejak 3 hari lalu sekitar 1.500 ekor, dan akan datang lagi sejumlah yang sama. Kedatangan sapi impor ini bakal membuat harga daging makin turun.


"Bawang merah juga sudah turun. Kita sudah menetapkan perizinan juga untuk sementara saja. Ini karena panen belu tiba. Nanti kalau panen raya dan stok aman, langsung kita setop impor," papar Gita.


Untuk cabai rawit. Gita mengatakan, pemerintah juga akan melakukan impor untuk sementara, guna menambah pasokan dan menekan harga di pasar. Bila panen cabai rawit terjadi, impor akan dihentikan. "Tapi yang penting harga sudah mulai turun. Rencananya sampai akhir bulan dulu (impor). Kita antisipasi harga di lebaran dan sampai H+10. Kalau panen bagus, pasokan bagus," tutup Gita yakin.


(dnl/dnl)