Bappenas Dapat Penghargaan Penanganan Iklim dari Lembaga Jepang

Jakarta -Kementerian PPN/Bappenas mendapat penghargaan dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Penghargaan bernama JICA President Award tersebut diserahkan, karena kontribusi lembaga terkait penanganan iklim di Indonesia.

Penghargaan tahunan ini diserahkan kepada Menteri PPN/Bappenas Armida Alisyahbana oleh perwakilan JICA Atsushi Sasaki di Gedung Bappenas, Jakarta, Kamis (7/11/2013).


JICA President Award merupakan penghargaan yang diberikan atas dasar pencapaian 'outstanding' dan kontribusi yang signifikan seseorang atau lembaga dalam kerjasama dengan JICA, serta besarnya dampak yang dirasakan secara luas terhadap pembangunan ekonomi, sosial dan kesejahterahan di negara-negara berkembang.


Armida menuturkan, melalui berbagai program, Indonesia telah berkomitmen untuk serius dalam penanganan perubahan iklim. Seperti terlihat pada RPJMN tahun 2015-2019 mendatang, isu ini menjadi prioritas pembangunan.


Target penurunan emisi gas rumah kaca yaitu sebesar 26% pada tahun 2020 dengan upaya sendiri dan mencapai 41% apabila ada dukungan dari Internasional.


Armida menyatakan, Indonesia telah melakukan kerjasama sejenis dengan mitra pembangunan lainnya, baik dalam kerangka kerjasama bilateral maupun multilateral dengan berbagai negara-negara di dunia.


"Penghargaan ini merupakan apresiasi JICA dan tentu menjadi salah satu pengakuan dunia internasional terhadap keseriusan pemerintah Indonesia dalam menangani perubahan iklim," kata Armida.


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!