Program Asuransi Sapi Banyak Diminati Peternak

Jakarta -Adanya program asuransi bagi sapi-sapi perah disambut antusias peternak. Saat ini sudah ada ratusan sapi yang diasuransikan di Jawa dan Sumatera.

"Asuransi sapi itu peminatnya banyak, terutama sapi perah, saat ini ada sekitar 225 ekor sapi yang sudah diasuransikan di Jawa dan 600 ekor sapi di Sumatera Barat," kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro ditemui di kantornya, Ragunan, Kamis (7/11/2013).


Syukur mengungkapkan saat ini sudah ada 4 perusahaan asuransi yang memberikan asuransi untuk sapi. "Asuransinya yakni Jasindo, Bumida, Bumi Raya dan Tripitaka," ungkap Syukur.


Syukur mengatakan banyaknya peminat asuransi sapi ini karena sapi peliharaan peternak tersebut hilang dicuri atau mati, maka asuransi akan menganti uang Rp 15 juta per ekornya.


"Jadi kalau sapinya mati atau hilang dicuri orang, maka asuransi akan mengantinya dengan Rp 15 juta per ekor sehingga peternak bisa membeli sapi lagi," ucapnya.


Ia menambahkan premi yang harus dibayar pun cukup terjangkau bagi peternak yakni hanya Rp 300 ribu per tahun."Preminya pun murah hanya Rp 300 ribu per tahun dan itupun bisa dicicil di koperasi," tutup Syukur.


Sebelumnya Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Pertanian (Kementan) bekerjasama dengan perusahaan asuransi meluncurkan skema Asuransi Ternak Sapi.


Peluncuran ini ditandai dengan penyerahan polis kepada 10 peternak sapi anggota Koperasi Warga Mulya, Sleman, Yogyakarta dan anggota Asosiasi Peternak Sapi Boyolali (Aspin), Jawa Tengah.


Program ini merupakan salah satu implementasi dari Nota Kesepahaman yang terjalin antara kedua lembaga sejak 2011, yang bertujuan mendorong peningkatan akses kepada sumber-sumber pembiayaan untuk usaha di sektor pertanian.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!