Biar Kecil Tapi Berpengaruh

Jakarta -Jika Anda menonton serial komedi Mr Bean, maka salah satu yang unik dari kehidupan pria kocak ini adalah mobilnya. Sehari-hari, tokoh yang diperankan aktor Rowan Atkinson ini mengendarai mobil berukuran mini. Mobil yang digunakan Mr Bean adalah jenis Mini 1000.

Mini awalnya adalah varian karya pabrikan otomotif asal Inggris, Morris. Meski Morris memproduksi cukup banyak varian, tetapi Mini tetap yang paling terkenal. Mobil ini mulai diproduksi pada 1959, dan awalnya bernama Morris Minor. Pada 1969, Mini kemudian menjadi merk sendiri di bawah perusahaan induk British Leyland.


Pada 1980, Mini dibeli oleh British Aerospace dan pada 1994 kembali beralih ke BMW. Hingga saat ini BMW menjadi pemegang hak mobil Mini.


Morris sendiri saat ini sudah bangkrut dan kepemilikannya beralih ke perusahaan otomotif asal China, SAIC. Namun, sebagian orang masih mengasosiasikan Mini dengan Morris meski sejatinya Mini sudah menjadi milik BMW. Mini dibuat di pabrik BMW di Cowley, Inggris.


Mobil Mini bisa dibilang sebagai Vespa di dunia roda empat. Meski sejarahnya terbentang cukup panjang, mobil ini tetap mempertahankan bentuk dasarnya yang mungil dan berlampu bulat. Seperti Vespa yang tetap mempertahankan desain dasarnya meski telah mengalami perkembangan di sana-sini.


Mini lahir dari krisis minyak akibat serangan Inggris dan sekutunya menyerang Mesir pada 1950-an. Akibatnya, pasokan minyak yang melewati Terusan Suez terganggu dan negara-negara Eropa terpaksa memberlakukan pengetatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Untuk itu, dibuatlah mobil yang hemat BBM dan Morris Mini adalah salah satunya.


Mini juga didesain sebagai pesaing dari Beetle, mobil keluaran Volkswagen. Seperti halnya Beetle, Mini sukses diterima konsumen di seluruh dunia. Bahkan pada 1999, Global Automotive Elections Foundation menobatkan Mini sebagai peringkat dua mobil paling berpengaruh abad ke-20, hanya kalah dari Ford Model T.Next


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!