Pemerintah Pede Pengangguran Bakal Berkurang di Februari 2014

Jakarta -Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pengangguran terbuka sebesar 6,25% atau sebanyak 7,39 juta orang (per Agustus 2013). Pemerintah optimistis pada Februari 2014 angka pengangguran akan menurun.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan pemerintah telah mengeluarkan program kebijakan terkait insentif pajak untuk perusahaan padat karya. Tujuannya adalah untuk mencegah pengangguran.


"Kita harapkan dengan ini pada Februari angka penganggurannya lebih rendah," ungkap Chatib di kantornya, Jakarta, Jumat (8/11/2013).


Ia menuturkan bertambahnya pengangguran sebenarnya telah diperkirakan pemerintah. Sebab ada gejolak ekonomi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi yang mengancam keberlangsungan perusahaan.


"Kalau pertumbuhan melambat, itu kesempatan kerja berkurang. Nah makanya ada kebijakan itu mencegah orang nganggur. Karena sudah diprediksi pengangguran akan naik," sebutnya.


Program pemerintah tersebut, baru dimulai pada September 2013. Sehingga dampaknya baru akan terlihat pada laporan BPS Februari 2014 mendatang. Apalagi saat ini sudah ada ratusan perusahaan padat karya yang mendaftar di Kementerian Perindustrian.


"Perusahaan itu kan mendapat fasilitas pengurangan pajak. Nah itu kita minta mereka tidak boleh PHK karyawannya. Mestinya kalau ratusan sih oke. Pengangguran sekarang bertambah 150 ribu, saya rasa mestinya sih oke," paparnya.


(mkl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!