Mentan Suswono: Tak Ada Alasan Bulog Impor Beras Tahun Ini

Jakarta -Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengklaim produksi beras tahun mencukupi dan sesuai target. Ia menegaskan tidak ada alasan bagi Perum Bulog impor beras.

"Tahun ini produksi beras kita bagus, berdasarkan Aram II (Angka Ramalan II) produksi beras kita sudah mencapai 70 juta ton (Gabah Kering Giling/GKG) dengan target produksi 72 juta ton," kata Suswono ditemui di Kantor Kementerian Pertanian, Jumat (8/11/2013).


Ia mengungkapkan tercapainya target produksi beras tahun ini karena musim kemarau basah artinya musim kemarau tapi masih ada hujan sehingga produksi padi tak terganggu.


"Dengan kemarau basah ini petani terus nanam padi, sehingga produksinya meningkat. Tetapi yang menjadi masalah, kemarau basah ini akan berdampak pada produksi jagung, karena petani pada tanam padi sementara lahannya ya itu-itu saja," ucapnya.


Suswono menegaskan tak ada alasan Bulog impor beras di 2013, alasannya produksi beras yang cukup baik dan stok beras di gudang Bulog mencapai 2 juta ton sampai akhir tahun.


"Jadi tidak ada alasan tahun ini Bulog impor beras," tegas Suswono.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!