4 Peternak Sukses Didatangkan dari Belanda ke Indonesia

Jakarta -Perusahaan susu Frisian Flag Indonesia mendatangkan 4 peternak sukses asal Belanda untuk mendidik peternak-peternak lokal di Indonesia. Tujuannya agar produksi dan kualitas susu di dalam negeri meningkat dan meningkatkan kesejahteraan peternak lokal.

Keempat peternak yang didatangkan dari Belanda yakni Marten Dijkstra, Brord Sloot, Gerben Smeenk dan Berend Jan Stoel.


Operation Director Frisian Flag Indonesia Jan Wegenaar mengatakan 4 peternak Belanda yang hadir ke Indonesia telah mengunjungi lima area peternakan yang ada di Pulau Jawa selama 3 minggu memberikan pendidikan dan penyuluhan kepada 350 peternak.


"Kelima peternakan yang dikunjungi diantara Jampang Farm, Jawa Barat, Sumber Alam Jaya Jakarta Timur, Pesat Purwokerto, Pengalengan dan Lembang," ucap Wegenaar ditemui di acara Farmer2Farmer di Kantor Kementerian Pertanian, Ragunan, Kamis (7/11/2013).


Wegenaar mengungkapkan tujuan mendatangkan 4 peternak sukses dari Belanda ini untuk mengembangkan kapasitas dan keahlian para peternak sapi perah lokal sehingga bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi susu segar serta meningkatkan kesejahteraan peternak.


"Apalagi Belanda memiliki pengalaman panjang dalam industri peternakan susu sapi berskala besar. Kami melihat banyak peternak Belanda memiki pengalaman dan pengetahun serta cara beternak yang baik bisa disampaikan oleh para peternak Belanda yang dapat dipelajari. Oleh peternak sapi perah lokal yang bida mereka terapkan di peternakannya masing-masing," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Dedi Setiadi menambahkan program ini tentunya sejalan dengan upaya pemerintah untuk Swasembada Susu Nasional pada 2020. "Ini sebagai jalan untuk mengisi 70% kebutuhan susu segara nasional yang selama ini masih dicukupi melalui impor," katanya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!