Wamen PU: Kita Punya PR Panjang Wujudkan Tata Ruang yang Baik

Jakarta -Wakil Menteri Pekerjaan Umum (WamenPU) Hermanto Dardak mengungkapkan penataan ruang di Indonesia masih menjadi perhatian khusus. Banyak pekerjaan besar yang harus dilakukan untuk melakukan penataan ruang khususnya di perkotaan.

"Kita sudah melakukan upaya tata ruang. Tapi yang kita rasakan belum signifikan, PR kita masih panjang," kata Hermanto saat memperingati acara Hari Tata Ruang Nasional 2013 di Taman Menteng, Jakarta, Minggu (10/11/2013).


Hermanto mengatakan, salah satu aspek tata ruang yang baik adalah adanya ruang terbuka hijau di wilayah perkotaan. Saat ini, ruang terbuka hijau di perkotaan di Indonesia masih sangatlah kurang.


"Upaya membuat ruang terbuka hijau itu nggak mudah. Untuk ruang yang sehat di perkotaan itu kita perlu 30% ruang terbuka hijau. 10 private di perumahan, dan 20% publik," tambahnya.


Dia menambahkan, untuk mewujudkan tata ruang yang baik, perlu ditanamkan kesadaran akan pentingnya tata ruang baik pada setiap individu masyarakat. Dalam hal ini, sebanyak 3.800 siswa SMK dan SMA dari 33 provinsi menjadi pelopor penataan ruang di seluruh Indonesia.


"Salah satu upaya adalah bagaiaman kesadaran seluruh pemangku kepentingan bagaimana penataan ruang ini sebagai gerakan nasional. Kami menyambut baik, dengan menetapkan 8 November sebagai hari tata ruang nasional, insyallah kepresnya akan segera ditandatangani," ujar Hermanto.


Para siswa SMU dan SMK tersebut akan menjadi pelopor bagaimana mewujudkan penataan ruang yang baik di Indonesia. Salah satu ikrar yang mereka cetuskan adalah bersama sama pemerintah ikut serta menyelenggarakan penataan ruang untuk mewujudkan ruang aman, nyaman produktif dan berkelanjutan.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!