Chatib Sebut Orang Indonesia Ide Kreatifnya Muncul Kalau Ada Masalah

Jakarta -Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri mengakui persoalan pembebasan lahan faktor utama mandeknya pembangunan infrastruktur. Banyak proyek yang akhirnya mangkrak dan tidak jelas termasuk proyek jalan tol.

Namun Chatib mengakui ada saja kreatifitas yang muncul orang Indonesia dalam menghadapi masalah pembebasan lahan yang sulit. Mantan kepala BKPM ini mencontohkan seperti pembangunan Jalan Tol Atas Laut Bali.


"Saat lahan menjadi bermasalah di mana-mana, disitu muncul jalan tol atas laut di Bali. Kan sederhana, capek-capek ngurus, bikin aja jalannya di atas laut," ungkap Chatib kepada wartawan di kantornya, Jumat (8/11/2013)


Chatib mengatakan kini bermunculan ide-ide kreatif lainnya seperti jalan tol di sepanjang jalur pantai utara (Pantura) Jawa. Menurutnya, ide tersebut bisa layak untuk direalisasikan dibanding menunggu penyelesaian lahan pembangunan tol Trans Jawa.


"Lahannya susah, mending bangun di atas laut. Kadang saya pikir ini juga hebatnya orang Indonesia yang kreatifitasnya muncul kalau lagi ada masalah," ujar Chatib.


Secara umum, Chatib menuturkan infrastruktur di dalam negeri masih sangat kurang. Namun, tetap saja untuk membangun infrastruktur tidak bisa dalam waktu yang cepat sehingga memang perlu realistis.


"Anda nggak bisa ubah institusi dalam satu malam. Anda nggak bisa semua orang dipaksa menjadi jujur dalam satu malam. Anda nggak bisa memaksa infrastruktur itu dalam satu malam ada. Kita tahu itu kurang. Tapi kita lakukan saja yang bisa dan cepat dulu," pungkasnya.


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!