Selain Buka Gerai di Tangerang, Peritel Raksasa Swedia Incar DKI

Jakarta -Perusahaan ritel terbesar asal Swedia IKEA akan membuka toko ritel pertamanya di Indonesia pada 18 September 2014 di Alam Sutera Tangerang, Banten. Setelah toko pertamanya beroperasi, IKEA berencana akan membangun toko keduanya di Jakarta.

"Yang kedua kita akan bangun di Jakarta, dan lebih murah dari toko yang pertama," kata General Manager IKEA Indonesia Mark Magee di sela acara Indonesia Investment Summit di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Kamis (7/11/2013).


Dalam pembangunan toko pertamanya di Alam Sutera Tangerang, IKEA menggelontorkan investasi senilai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1 triliun. Untuk toko keduanya ini, Mark meyakini investasi yang dikeluarkan akan lebih murah.


"Karena kita tidak perlu membangun lagi head office kalau di sini (Jakarta)," kata Dia.


Sedikit lebih luas dari toko yang dibangun di Tangerang, toko di Jakarta ini akan dibangun di lahan seluas 5 hektar. Namun, menurut Mark tidak mudah untuk mendapatkan lahan 5 hektar di kota sepadat Jakarta.


"Kita ingin membangun dekat dengan jalan tol, dan juga dekat persimpangan, karena kita ingin memiliki akses yang baik," ujarnya.


Toko kedua di Jakarta ini akan dibangun setidaknya dua sampai tiga tahun setelah toko pertama beroperasi. "Kita ingin melihat bagaimana pasarnya setelah toko pertama beroperasi," tutupnya.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!