Peritel Raksasa Swedia Resmikan Gerai Pertamanya Tahun Depan

Jakarta -Perusahaan ritel terbesar asal Swedia IKEA sedang membangun toko ritel pertamanya di Indonesia. Toko yang dibangun di atas lahan seluas 4,5 hektar di Alam Sutera, Tangerang ini akan resmi dibuka pada 18 September 2014.

General Manager Ikea Indonesia, Mark Magee mengungkapkan, investasi yang dikeluarkan oleh IKEA sekitar US$ 100 juta atau sekitar Rp 1 triliun (kurs Rp 10.000). Nilai investasi tersebut sudah termasuk biaya pembelian lahan dari Alam Sutera seluas 4,5 hektar.


"Untuk toko pertama kami, termasuk head office, dan tanah itu sekitar US$ 100 juta," kata Magee saat ditemui di sela acara Indonesia Investor Summit, di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Kamis (7/11/2013).


Magee mengatakan, toko yang mayoritas akan menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga ini akan mulai beroperasi pada bulan September tahun depan. Saat ini, proses pembangunan masih sedang dilakukan.


"Tanggal 18 September kita akan luncurkan," katanya.


Sekitar 500 karyawan akan bekerja di perusahaan ini, terbagi dari pekerja langsung seperti penjaga toko, keamanan, petugas kebersihan dan lain-lain sekitar 330 orang, 120 orang akan bekerja sebagai karyawan tidak langsung, dan 50 orang akan bekerja di kantor IKEA Indonesia.


"Semua mayoritas dari Indonesia, nanti kita akan latih terlebih dahulu," katanya.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!