Carrefour Jual 45 Produk UKM Binaan Pemkot Surabaya

Surabaya -Gema Usaha Kecil Mikro (UKM) Pahlawan Ekonomi (PE) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuahkan hasil konkret. Sebanyak 45 produk binaan Pemkot Surabaya akan diluncurkan di Carrefour Jalan Ahmad Yani, melalui bazar dan pojok rakyat.

"Acaranya digelar besok Sabtu (9/11/2013) dan puncaknya Minggu (10/11/2013) di halaman Carrefour Jalan A Yani," ujar Head of External Communication and CSR PT Trans Retail Indonesia Hendrik Adrianto kepada wartawan, di Surabaya, Jumat (8/11/2013).


Tahun ini, Carrefour telah masuk tahun ke-4 dalam program pembinaan UKM di Indonesia. Sudah lebih dari 2.000-an UKM yang telah dibina dan didorong supaya mampu bersaing di stand Pojok Rakyat.


Carrefour memiliki 3 tahapan untuk membantu pengusaha UKM. Pertama, binaan bagi UKM baru yang berupa bantuan kredit lunak. Kredit lunak untuk UKM diberikan oleh PT Bank Mega Syariah, pembiayaannya mencapai 50% dari total kredit.


"Kami bantu, biasanya pengusaha baru tidak memiliki rekening, buku tabungan. Pembiayaannya bisa mulai Rp 10 juta," kata Area Manager Bank Mega Syariah Deviana Widjaja.


Tahap kedua, untuk UKM yang potensial, pembinaan dibantu oleh akademisi dan juga Pemkot Surabaya. "Yang potensial, diambil," timpal Hendrik.


Kemudian, UKM unggulan akan terpilih mengisi stand Pojok Rakyat. Bila dalam setahun produk UKM ini mencapai target omzet miliaran rupiah, maka produk ini dinyatakan lolos sehingga diperbolehkan dijual berdampingan dengan produk-produk Carrefour.


Sejak tahun 2010, jumlah produk UKM yang berproses di Pojok Rakyat mengalami fluktuasi. Kenaikan per tahun rata-rata 10% dari total 200-an produk UKM. "Yang tetap (stagnan) ada sekitar 97 UKM, tapi ada juga yang tidak mampu bersaing," katanya.


Meski begitu, Carrefour tak menyerah setiap tahun, penambahan jumlah UKM binaan hampir tak pernah absen. "Pokoknya kami beri kesempatan di Pojok Rakyat selama setahun. Tahun ini ada tambahan 30 UKM," katanya.


(nrm/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!