Tips Jokowi untuk Pengusaha Muda Hadapi Pasar Bebas

Semarang -Joko Widodo (Jokowi) mengisi kuliah umum dengan tema "Membangun Entrepreneur Muda dan Tantangan Nasionalisme Indonesia di Abad XXI" di Gedung Prof Soedarto Undip Semarang. Gubernur DKI Jakarta itu pun memberikan tips kepada mahasiswa untuk menjadi pengusaha yang tangguh.

Tips pertama dari Jokowi, harus punya impian seperti saat ia bermimpi bisa mengekspor mebelnya. "Kalau mau masuk ke dunia enterpreneur, harus punya mimpi, yang sebesar-besarnya," tegas Jokowi di hadapan ratusan Mahasiswa Undip, Sabtu (9/11/2013).


Tips kedua, segera memutuskan. Hal inilah yang paling butuh keberanian menurut Jokowi. Contohnya, jika seseorang hendak masuk ke danau, jangan terus berpikiran takut buaya, karena bisa saja yang ada di sana justru intan atau mutiara.


"Kalau ada buaya ya ajak bertarung, pikirkan mau diapakan buaya itu, misal kulitnya jadikan sepatu. Artinya, kalau tidak memutuskan maka tidak mulai-mulai," tegasnya.


Hal itu juga menurut Jokowi yang perlu diterapkan dalam proyek MRT yang sudah direncanakan 24 tahun dan monorel yang direncanakan 15 tahun karena berpikir yang terlalu lama, padahal sudah banyak ahli yang bisa menangani bidang itu.


"Mikir kalau kereta bawah tanah kena banjir, padahal itu sudah ada jago-jagonya. Untuk MRT dan monorel itu kita lebih dulu dari negara lain, tapi dalam hal rencananya," kata Jokowi.


"Terus saya lihat dokumen-dokumen, kemudian ke menteri-menteri, menteri dalam negeri, keuangan, PU, perhubungan. Saya datangi sendiri, kalau utusan enggak rampung-rampung. Nyatanya 5-6 bulan rampung dokumen. Kalau tidak begitu kapan transportasi massal terwujud?" tegasnya.Next


(alg/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!