Begini Proses Bijih Dipecah dan Dipisah Jadi Konsentrat di Tambang Emas Newmont

Sumbawa Barat -Penambangan emas di PT Newmont Nusa Tenggara tidak hanya menghasilkan bijih namun juga diproses menjadi konsentrat. Konsentrat ini yang nantinya dikirim ke smelter di Gresik dan diekspor ke sejumlah negara.

Berdasarkan pantauan detikFinance di fasilitas pengolahan PT NNT, Sumbawa Barat, NTB, Jumat (21/11/2014), proses pengolahan dipisah menjadi pemecahan dan pemisahan. Saat berkeliling fasilitas, rombongan dipandu oleh Superintendent Metalurgi dan Pelayanan Teknis Fatih Wirfiyata.


Bijih yang berasal dari crusher di area penambangan diangkut menggunakan ban berjalan (conveyor) sejauh 6 km. Bijih-bijih itu kemudian 'ditumpahkan' ke area pabrik dan masuk ke SAG Mill serta bowl mill untuk dipecah.


Di dalam mill, bijih dicampur dengan kapur dan air serta bola besi seberat 9 kg. Mill yang terus diputar membenturkan bijih dan bola besi sehingga ukurannya makin kecil. Karena air dan kapur, maka bijih ukuran kecil itu akan keluar dalam bentuk slurry.


Slurry itu kemudian masuk ke proses pemisahan. Ada reagent yang melapisi mineral-mineral berkualitas bagus agar bersifat hidrofobik atau menolak air. Dengan begitu, mineral berkualitas bagus akan secara otomatis mencari udara dan terpisah.


Tidak semua mineral berkualitas bagus dapat terpisahkan saat proses di tanki-tanki pertama. Oleh sebab itu proses ini diulang kembali hingga 10 tanki.


Fatih Wirfiyata, atau yang akrab disapa Fita, mengibaratkan proses mendapatkan mineral yang diinginkan ini bagaikan memilih kismis di roti. Di tahap pertama, roti itu dihancurkan hingga berukuran kecil sehingga kismis terekspos. Ketika kismis sudah terkespos, maka makin mudah dipisahkan.


Setelah proses pemisahan, mineral-mineral konsentrat ini akan dibawa menggunakan conveyor ke filtration plant. Mineral disaring sehingga mendapatkan konsentrat berbentuk serbuk hitam. Konsentrat ini lalu masuk ke gudang untuk kemudian dikirim menggunakan ke kapal ke smelter di Gresik atau diekspor.


Pabrik ini dibangun pada 1998 dengan biaya US$ 1,2 miliar. Saat ini ada 1.000 karyawan yang bekerja di fasilitas pengolahan.




Bijih dari conveyor ke pabrik


Mill


Pemisahan


Konsentrat


Filtration plant


Gudang konsentrat


Pengapalan





(imk/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!