Menteri Susi: BBM Subsidi Banyak Diselundupkan di Laut

Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merupakan salah satu menteri yang bersuara keras mendesak penghapusan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk nelayan. Ia mengungkapkan banyak BBM subsidi yang diselundupkan di laut.

"Banyak nelayan kita yang kekurangan BBM subsidi, kenapa? karena banyak yang dibawa ke laut. Saya tanya memangnya Petronas punya pom bensin di tengah laut? Pertamina punya nggak pom bensin di tengah laut? nggak ada kan," kata Susi di acara Upstream Transformation Annual Hulu Day 2014, Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Selasa (18/11/2014).


Susi mengungkapkan bila melihat data satelit, di Indonesia setidaknya ada 1.290 kapal berbendera asing dan hanya di Indonesia dibiarkan lewat. Sedangkan di negara-negara lain melarang kapal-kapal asing menangkap ikan di wilayahnya.


"BBM kita banyak lari ke sana, kita biarkan kapal asing itu hilir mudik di laut kita. Sementara nelayan kita masuk di pinggir daerah Australia ditangkap," katanya.


Pada kesempatan itu, Vice Presiden Corporate Communication PT Pertamina Ali Mundakir bertanya kepada Susi, soal andai Susi menjadi seorang James Bond, apakah berani membom kapal-kapal asing yang mencuri ikan di laut Indonesia?


"Kalau diperintahkan Presiden saya lakukan (bom kapal asing)," ucap Susi.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!