Di Depan Jokowi, Agus Marto Sebut Menaikkan Harga BBM Langkah Tegas

Jakarta -Di depan para bankir dan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyampaikan penghargaannya atas langkah tegas pemerintah yang berani mengambil kebijakan menaikkan harga BBM subsidi.

Demikian disampaikan Agus Martowardojo dalam sambutannya pada acara Bankers Dinner di JCC, Jakarta, Kamis (20/11/2014).


Ia mengaku, kebijakan tersebut memang mengakibatkan peningkatan inflasi. "Langkah strategis pemerintah berupa kenaikan harga BBM dan pengalihan subsidi untuk tujuan pebangunan infrastruktur dan sosial yang baru saja ditempuh dalam jangka pendek memang akan meningkatkan tekanan Inflasi," kata Agus dalam pidatonya.


Namun, dalam jangka panjang, lanjut dia, akan banyak pembangunan yang bisa dilakukan karena pemerintah memiliki ruang keuangan yang jauh lebih longgar dari sebelumnya.


"Reformasi tersebut sangat kita perlukan agar tersedia ruang fiskal untuk memperkuat derap laju pembangunan," tutur Agus.


"Oleh karena itu, Bank Indonesia mendukung sepenuhnya langkah tegas tersebut yang manfaatnya akan kita rasakan di tahun-tahun mendatang," pungkas Agus.


(dna/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!