Di Depan Jokowi, Agus Marto Bertekad Inflasi RI Terendah di ASEAN

Jakarta -Bank Indonesia (BI) bercita-cita menciptakan sistem keuangan tanah air yang menjadi paling efisien di seluruh dunia. Salah satu lini yang menjadi fokus adalah penurunan tingkat inflasi.

BI menargetkan inflasi Indonesia menjadi yang terendah di ASEAN pada 10 tahun mendatang.


"Dalam satu dekade ke depan, kami akan mengupayakan tingkat inflasi secara bertahap dapat menurun dan terjangkar pada laju yang semakin rendah. Bahkan, kami bercita-cita agar inflasi Indonesia menjadi yang terendah di ASEAN," ujar Gubernur BI Agus DW Martowardojo dalam sambutannya pada acara Bankers Dinner di JCC, Jakarta, Kamis (20/11/2014).


Acara ini juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya Jusuf Kalla (JK).


Pada kesempatan itu Agus Marto mengatakan, langkah yang diambil untuk merealisasikan cita-cita agar inflasi Indonesia terendah di ASEAN adalah, dengan memperkuat kebijakan moneter. "Di 2015, BI konsisten mengupayakan agar laju inflasi dan espektasinya terjangkar pada kisaran 4 plus minus 1%," kata dia.


Agus Marto menyadari, upaya ini tak bisa dilakukan oleh BI sendiri, sehingga perlu dukungan dan peran serta aktif dari lembaga-lembagai pengendali inflasi terkait, terutama di level pemerintah daerah.


"Koordinasi melalui forum Tim Pengendali Inflasi Daerah akan kami teruskan dan komunikasi kebijakan ditingkatkan," pungkasnya.


Dalam pidatonya, Agus juga melaporkan tekanan inflasi menunjukkan tren penurunan. Sampai triwulan III-2014, tingkat inflasi menunjukkan tren penurunan mencapai 4,53%. Lebih rendah dibanding periode yang sama tahun sebelumnya 8,4%.


(dna/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!