Saat Jokowi Terkaget-kaget Tiongkok Berani Buka Investasi Asing

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat sejumlah pengalaman penting, saat menghadiri KTT APEC di Beijing pekan lalu. Jokowi mendapat jawaban di balik majunya perekonomian Tiongkok.

Dalam kegiatan makan malam di pertemuan KTT APEC, Jokowi mengatakan dirinya punya kesempatan bertanya kepada pimpinan Partai Komunis Tiongkok, soal kebijakan membuka investasi untuk asing di Tiongkok.


"Waktu itu saya tanya ke PKC (Partai Komunis China) waktu makan. Kenapa Tiongkok berani membuka lebar investasinya. Apa tidak takut dikuasai asing?" tanya Jokowi dalam acara Bankers Dinner yang diadakan Bank Indonesia (BI) di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (20/11/2014).


Jawaban dari petinggi PKC itu membuat Jokowi terkaget-kaget. Menurutnya pemikiran Tiongkok soal investasi sangat jauh lebih maju.


"Jawabnya bikin saya terkaget kaget. Kalau dia (investor asing) membuat jalan di Tiongkok masa mau ditarik ke tempat dia (investor). Suatu saat barang itu pasti kembali ke negara kita. Cara berpikir itu yang luar biasa. Mestinya anti kapitalisme bisa diukir seperti itu. Tidak mungkin bikin pabrik itu pabriknya dibawa. Ini saya kira pekerjaan bersama. Marilah kita bekerja untuk negara yang kita cintai ini," papar Jokowi.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!