Menteri Susi: 90% Uang Maskapai Penerbangan Lari ke Luar Negeri

Jakarta -Sebagai pengusaha yang memiliki perusahaan penerbangan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan 90% keuntungan maskapai penerbangan di Indonesia lari ke luar negeri. Alasannya banyak pesawat yang dimiliki para maskapai di dalam negeri pakai skema leasing atau hak sewa operasi.

"Saya itu tidak punya rahasia sukses, saya bisa kembangkan Susi Air karena memanfaatkan peluang di tengah krisis ekonomi," ujar Susi ketika ditanya pegawai Pertamina tentang rahasia suksesnya, di acara diskusi yang bertemakan Upstream Transformation Annual Hulu Day 2014, Kantor PT Pertamina Pusat, Jakarta, Selasa (18/11/2014).


Susi menceritakan, ketika krisis ekonomi 2008 yang melanda Amerika Serika dan Eropa, banyak perusahaan yang mengalami masalah. Ia justru memandang ini peluang bisnis.


"Saya order pesawat, bahkan dapat diskon yang cukup gede, dalam setahun langsung terkirim 26 pesawat, perbankan juga support saya," ungkapnya.


Sayangnya ia melihat bisnis penerbangan saat ini tidak benar-benar investasi langsung di Indonesia, karena 90% dananya lari ke luar negeri.


"Hanya Susi Air yang benar-benar investasi riil di Indonesia, yang lainnya karena beli pesawat leasing jadi 90% uang disektor transportasi ini uangnya lari ke luar," ucap Mantan Dirut Susi Air yang memiliki 50 pesawat ini.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!