Tanda Tanya di Otak Jokowi: Kok Tiongkok Bisa Jadi Raksasa Ekonomi Dunia?

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato di acara Bankers Dinner yang diadakan Bank Indonesia (BI). Membuka pidato, Jokowi mengungkapkan keheranannya dengan ekonomi Tiongkok.

Dia mengaku, selama bertahun-tahun, selalu bertanya-tanya kenapa ekonomi Tiongkok bisa melompat dan meroket.


"Saya ingin mengakui, bertahun-tahun terus terang tanda tanya, berkaitan dengan melompatnya meroketnya Tiongkok sebagai sebuah raksasa ekonomi dunia sekarang. Kenapa dia bisa seperti itu?" jelas Jokowi di depan pejabat BI, sejumlah menteri, dan bankir dalam acara yang dilakukan di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (20/11/2014).


Jokowi mengungkapkan keheranannya karena Tiongkok sebelumnya adalah negara berpaham komunis dan menganut sistem ekonomi tertutup. Namun sekarang, Negeri Tirai Bambu tersebut berani membuka lebar-lebar negaranya untuk investasi asing.


Karena itu saat menghadiri KTT APEC di Beijing beberpa hari lalu, Jokowi mengatakan, dalam setiap makan malam dia berada di dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Tiongkok Xi Jinping, dan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.


"Saya punya kesempatan bertanya. Ingin mengerti kuncinya apa. Pas berjejeran saya tanya ke Jinping. Saya mau tanya beri 3 kunci sukses kenapa Tiongkok bisa seperti sekarang. Tiga saja, kalau kebanyakan pusing saya," kata Jokowi.


Akhirnya, Jokowi diberikan 3 kunci sukses oleh Jinping.Next


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!