Hadiri Konferensi Maskapai Asia Pasifik, Garuda Siap Genjot Penerbangan ke Tiongkok

Tokyo -Sebanyak 16 maskapai penerbangan menghadiri konferensi maskapai penerbangan se Asia-Pasifik atau Association of Asia Pasific Airlines (AAPA) ke 58 di kota Tokyo, Jepang. Di dalam acara ini, para maskapai tidak hanya mendengar beberapa keluhan di dunia penerbangan saat ini sekaligus menjadi ajang para maskapai mencari pasar potensial penerbangan se Asia Pasific.

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) salah satunya. Maskapai pelat merah yang masuk sebagai anggota AAPA tahun 1967 ini siap meningkatkan sekaligus melakukan berekspansi besar untuk menjangkau pasar penerbangan lebih luas di Tiongkok.


"Kalau dilihat pasar yang dianggap gemuk tetap rute Singapura. Tetapi ada beberapa kota lain seperti Jepang, Australia, dan Tiongkok," papar Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar saat ditemui di sela-sela acara AAPA ke 58 di Imperial Hotel, Tokyo, Jepang, Rabu (19/11/2014).


Tiongkok bukanlah pasar baru bagi Garuda, karena Garuda sudah melakukan penerbangan langsung ke Beijing, Guang-Zho, dan Shanghai. Namun Emir akan membidik beberapa kota baru yang dianggap sangat potensial. Mengenai kota baru itu, Emir belum berani mengatakan.


"Mulai tahun depan kita mulai terbangkan pesawat kita ke beberapa kota baru tetapi dengan sistem carter. Kenapa carter? Karena ini kan kota baru jadi kita tidak mau rugi juga," imbuhnya.


Lonjakan penumpang Garuda Indonesia ke Tiongkok meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan saat ini Tiongkok mampu disejajarkan dengan pasar Garuda Indonesia ke Korea. Bahkan lonjakan jumlah penumpang pesawat Garuda ke Tiongkok mampu mengalahkan pasar Jepang.


Sebanyak 16% dari total penerbangan internasional maskapai pelat merah itu adalah ke Tiongkok. Tahun 2014 ini proyeksi jumlah penumpang Garuda ke Tiongkok sebesar 690.000 sedangkan di tahun 2015 meningkat hingga menjadi 780.000 penumpang.Next


(wij/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!