Punya Potensi Perikanan, Ini Harapan Bupati Sumbawa Barat ke Menteri Susi

Sumbawa Barat -Sepak terjang Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sudah dinantikan oleh warga di Sumbawa Barat, NTB. Kabupaten ini mengharapkan sentuhan Menteri Susi untuk mengembangkan potensi perikanan yang sudah ada.

"Potensi perikanan di sini sangat besar karena letak kita kan di laut selatan. Garis pantainya 176 km. Kita punya potensi di tuna dan rumput laut," papar Bupati Sumbawa Barat Zulkifli Muhadli di Taliwang, Sumbawa Barat, Kamis (20/11/2014).


Menteri Susi kini sedang sibuk blusukan ke berbagai wilayah di Indonesia. Zulkifli menyebut bahwa Susi akan datang ke Sumbawa Barat pada akhir bulan ini.


"Kita menanti kebijakan Menteri Susi, beliau akhir bulan ke sini. Semoga kita dapat kesempatan untuk mengembangkan sektor perikanan di sini," ucapnya.


Zulkifli mengakui bahwa nelayan di Sumbawa Barat belum bisa melaut dengan maksimal. Pemkab pun membantu dengan cara menghapuskan pungutan hingga menyediakan sarana dan prasarana.


"Nelayan sudah kita bantu dengan sampan, alat tangkap ikan, mesin, jaring. Kita ubah mereka punya budaya karena mereka belum bisa ke laut lepas," ucap Zulkifli.


Terkait kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, bupati yang sudah 2 periode menjabat ini mengatakan bahwa kinerja nelayan tidak terpengaruh. Mereka tetap melaut seperti biasa.


"Nelayan tidak alami kesulitan," ujarnya.


(imk/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!