Tak Mau Cabai-cabaian Jadi Headline Berita, Ini Rencana Menteri Jokowi

Jakarta -Hampir setiap tahun harga cabai selalu melonjak drastis, dan menjadi pemberitaan di mana-mana. Di Jakarta, harga cabai merah naik dari Rp 25 ribu/kg, menjadi Rp 80 ribu/kg. Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) mencari cara mengatasinya.

Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah merencanakan pembuatan jalur cepat untuk arus distribusi pangan.


"Agar cabai dari Lombok itu segera sampai di tangan konsumen harus diprioritaskan," jelas Sofyan di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (20/11/2014).


Dia mengatakan, cabai dan bawang merupakan persoalan struktural. Indonesia sebagai negara agraris tidak pantas mengimpor cabai, meskipun bentuknya cabai kering atau pasta cabai.


"Kita akan lakukan studi dengan cepat. Jadi masalah cabai-cabaian ini tidak lagi menjadi masalah headline berita. Negara ini tidak ada alasan tidak bisa mengatasi masalah itu," kata Sofyan.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!